Bapenda Kaltara Dibantu Polresta Bulungan Lakukan Pemeriksaan Kendaraan Bermotor, Warga Patuh Pajak

Bekerja sama dengan Satlantas Polresta Bulungan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltara menggelar razia pemeriksaan kepatuhan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jalan Sabanar Lama, Tanjung Selor, Selasa (21/5/2024).

Setiap pengendara yang melintas, di Jalan Sabanar Lama diperiksa satu persatu oleh aparat kepolisian Sat Lantas Polresta Bulungan, 

Kali ini, bukan kelengkapan kendaraan seperti SIM, maupun kelengkapan sepeda motor. Petugas lebih fokus pada pemeriksaan STNK (surat tanda nomor kendaraan). Yaitu, berkaitan dengan PKB..

Tim Intensifikasi dan Ekstensifikasi PAD pada Bapenda Kaltara, Didik Supriady menjelaskan, pemeriksaan  menjadi kegiatan rutin tahunan Bapenda yang bersinergi dengan stakeholder terkait.

Baca juga: Optimalisasi Penerimaan Daerah, Pajak Kendaraan Bermotor Langsung Dibagi, Begini Penjelasan Bapenda

Tujuannya untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat, atau pemilik kendaraan bermotor dalam membayar pajak dari kendaraan bermotor yang dimiliki.

“Sasaran pemeriksaan adalah pengendara kendaraan bermotor roda dua atau roda empat yang tidak tertib dalam membayar pajak. Leading sector-nya  ada di Samsat Bulungan,” kata Didik yang dijumpai di lokasi pemeriksaan.

Masyarakat yang didapati belum membayar pajak mendapat catatan untuk segera ditindaklanjuti.

Dalam pemeriksaan tersebut, Bapenda Kaltara juga menghadirkan Mobil Samsat Keliling untuk memudahkan pengendara yang ingin langsung menunaikan kewajibannya membayar PKB di lokasi pemeriksaan.

sumber: https://kaltara.tribunnews.com/2024/05/21/bapenda-kaltara-dibantu-polresta-bulungan-lakukan-pemeriksaan-kendaraan-bermotor-warga-patuh-pajak.